VAP Ciptakan Lagu “Kalu Inga Tuhan Pe Bae”

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Perjalanan kepemimpinan Vonnie Anneke Panambunan di kabupaten Minahasa Utara (Minut) terbilang fenomenal. VAP demikian sapaan akrab putri Tonsea, bupati ke 3 kabupaten yang mekar dari Minahasa Induk 14 tahun silam ini, dalam masa jabatan ke dua kalinya nyaris sama ketika pertama beliau menjabat bupati di tanah yang disebut-sebut pernah menjadi pusat kebudayaan Malesung sebagai cikal bakal Minahasa.

Berbagai permasalahan, bahkan krusial dugaan kasus Pemecah Ombak Likupang Timur dengan berbagai tudingan miring lainnya terhadap bupati yang dua kali dipilih rakyat Minut ini, ternyata memicu semangat seni dalam diri VAP dengan menciptakan “Kalu Inga Tuhan Pe Bae”, sebuah lagu bernuansa religi Bahasa Manado.

“Kenapa Bahasa Manado, Karena saya lebih akrab berbahasa Indonesia namun logat Manado, dan ini adalah tuntunan Roh Kudus untuk menciptakan lagu Kalu Inga Tuhan Pe Bae, ini adalah kesaksian pribadi saya,” tutur VAP dalam sebuah kesempatan yang dihadiri beritanusantara.co.id.

“Kalu inga Tuhan pe bae, Nya’ Brenti Tu Aer Mata

Manangis ba ucap syukur, karena Tuhan so kase jamah

Riki so nyanda ada daya, Mar nyanda mo putus asa.

Karna Tuhan Yesus pe sayang, Kita masih boleh ba napas”

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Minut Jansen Tulung SSTP, mengatakan lagu ini semakin populer  di kalangan ASN Minut dan semakin banyak yang dapat menyanyikan lagu ciptaan bupati, dalam setiap kesempatan. “Lagu ini menyentuh, sebab selain lirik yang sederhana, lagu ini merupakan kesaksian pribadi ibu bupati sehingga lagu ini tercipta’” kata Kabag Humas yang juga pelayan Khusus GMIM ini. (mt)

VAP bersama Nova Gosal salah seorang penggiat budaya Minahasa
VAP bersama Nova Gosal salah seorang penggiat budaya Minahasa

 

Lirik lagu “Kalu Inga Tuhan Pe Bae”

ciptaan VAP

“Kalu inga Tuhan pe bae

Nya’ Brenti Tu Aer Mata

Manangis ba ucap syukur

karena tuhan so kase jamah

Riki so nyanda ada daya.

Mar nyanda mo putus asa.

Karna Tuhan Yesus pe sayang

Kita masih boleh ba napas.

 

Kalu inga Tuhan pe bae

Nya’ Brenti Tu Aer Mata

Manangis ba ucap syukur

karena tuhan so kase jamah

Riki so nyanda ada daya.

Mar nyanda mo putus asa.

Karna Tuhan Yesus pe Bae

Kita masih boleh ba napas”.