VAP Irup Hari Juang Kartika dan Hari Infanteri

TALAWAAN, beritanusantara.co.id – Bupati Minut Vonny A Panambunan (VAP), Senin (17/12/2018) di wilayaj desa Patokaan kecamatan Talawaan, Minut, dipercayakan sebagai Inspektur Upacara pada peringatan hari Juang Kartika dan Hari Infanteri. 

Kegiatan ini ditandai dengan serah terima Simbol Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dari Peleton YWPJ Etape ke 4 Yon 713/ST yang dipimpin oleh Letda Inf Frengki Simanjuntak (Danton Kipan A Yonif 713/ST) ke Peleton YWPJ Etape Ke 5 Yon 715/MTL yang dipimpin oleh Letda Inf Suryadi (Danton Kipan C 715/MTL).
Perlengkapan sandi yang digunakan sebagai simbol Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya, terdiri atas dua pucuk senjata LE dengan sangkur terhunus, empat buah tabung masing-masing berisikan sumpah, amanat, ikrar Korp Infanteri dan perintah kilat Panglima Besar Bapak Alm Jenderal Soedirman, satu buah bendera lambang Korp Infanteri, satu buah bendera lambang Kodam XIII/Merdeka dan satu tas berisikan perlengkapan Adminstrasi.

Dalam sambutannya VAP mengatakan, kegiatan Pleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang dibuat sebagai peringatan Hari Infanteri, bertujuan memelihara dan menumbuhkan kecintaan, serta memupuk kebanggaan dan korps dalam memelihara kemampuan mobilitas jalan kaki yang adalah ciri khas prajurit infanteri.
“Disisi lain, kegiatan ini dimaksudkan untuk menghayati serta memelihara nilai-nilai kejuangan, yang berguna untuk meningkatkan integritas TNI, Polri dan rakyat, sehingga kondisi kehidupan yang harmonis sebagai cermin rasa persatuan dan kesatuan yang didukung oleh semangat jiwa kejuangan yang tinggi dapat terwujud,” jelas VAP.
Selanjutnya VAP memberikan ucapat selamat bekerja kepada Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ke lima, dengan harapan dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, perhatikan faktor keamanan selama perjalanan, baik perorangan, kelompok maupun peleton.
Berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kol Inf Shofanudin S.IP (Kabag Lat Rindam XIII), Kol Inf Gunung B ( Itdam Dam XIII/Mdk), Letkol Inf Serang (Dansecata Rindam XIII/Mdk), Letkol Inf Farid Y Purwanto (Danyon 715/MTL), Letkol Saeful P (Dadim 1301/Sangihe), Letkol Inf Ketut Sudana (Pabandia Ter Dam XIII/Mdk), Mayor Inf R.Pusung (Pabung Minut), Kapten Inf M. Takumangsang Danramil 1310-04/Dimembe), Sekda Minut Ir. Jimmy Kuhu, Kaban Kesbang Pol Minut Daniel Komenaung SE, Kabag Humas Pemkab Minut Cresto Palandi, Kabag Pemerintahan Jack Paruntu, Kapolsek Dimembe AKP Fenti K Wulur, Camat Talawaan Johan Wengkang, S.Sos, M.Kes dan para tamu dan undangan.
Kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini dilepas dari Markas Kodam XIII Merdeka pada 16 Desember dan akan melalui 10 lokasi penyerahan, sebelum berakhir di Mako Rindam Kota Tomohon pada 19 Desember mendatang.(mt)