VAP Pantau Posko Siaga Karhutla

DIMEMBE, beritanusantara.co.id – Peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Minahasa Utara, termasuk di kawasan Hutan Konservasi Gunung Klabat bagian Utara, mendapat perhatian khusus Bupati Vonnie Aneke Panambunan STh.

Hal ini terlihat dengan peninjauan lapangan bupati VAP ke Posko Siaga Darurat Kebakaran yang berpusat di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu Kecamatan Dimembe, Rabu (25/09/2019).
Bupati dalam kegiatan tersebut didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Minut Jofieta Supit, Camat Dimembe Ansye Dengah, dan Kepala KPPT Jack Paruntu SE.


Hambali selaku pimpinan Manggala Agni didampingi Unit SAR Sulawesi Utara (USSU) D Malonda, kepada bupati menjelaskan bahwa saat ini terdapat beberapa titik nyala api dan sedang dalam penanganan pemadaman di wilayah Desa Pinilih, dengan cara pembuatan batas api (Ring) dan penyemprotan.
Hambali menyebutkan, upaya pememadaman api oleh tim Manggala Agni yang terdiri dari Relawan USSU, warga dan TNI/Polri, bahu membahu membuat Ring yang berfungsi sebagai batas api, kemudian dilakukan juga upaya pemadaman dengan penyemprotan dengan selang pemadam yang ditarik hingga ke titik api, air kemudian dipompa dengan menggunakan mesin.


“Pemadaman dikonsentrasikan di kawasan Bukit Tumampas, hal ini juga mencegah api menjalar ke wilayah Bitung, dilanjutkan ke wilayah yang terdapat titik api baru yang terdeteksi pada Rabu hari ini,” jelas Hambali.
Bupati VAP kemudian menyatakan rasa terima kasihnya, kepada semua pihat yang sudah terlibat dan memberi perhatian, dalam membantu upaya pemadaman Karhutla di wilayah Minut
“Atas nama pemerintah dan masyarakat serta pribadi menyampaikan terima kasih, atas perhatian dan bantuan semua pihak terhadap upaya pemadaman Karhutla di Minut. Mari kita bersama berdoa agar kondisi ini cepat dapat ditangani. Dan jika ada keperluan selanjutnya dengan upaya pemadaman ini, agar segera dibuat permintaan dan saya akan tindak lanjuti,” tegas VAP sambil memberi petunjuk kepada Kepala BPBD Ir Jofieta Supit.


Secara terpisah Kepala BPAT Fernando Simanjuntak S.ST PI, yang lokasinya dijadikan posko darurat, mengatakan akan terus mensuport keberadaan Posko Siaga Darurat Kebakaran.
“Kami akan terus mensuport Posko Siaga Darurat Kebakaran, bahkan siap menyediakan tenaga untuk ikut dalam upaya pemadaman. Kamipun mengapresiasi seluruh tim yang terlibat baik institusi pemerintah maupun relawan swasta, atas aksi heroik kemanusiaan yang sudah ditunjukan selama berdirinya posko,” tukas Simanjuntak.
Dalam pantauan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari Dinas Sosial Minut yang berjumlah 16 orang juga siap di dapur umum.
Hadir juga anggota Dewan Minut dari Partai Nasdem Daniel Mathew Rumumpe yang ikut memberikan semangat bagi tim yang bekerja di Posko.
“Saya mengapresiasi kepedulian semua pihak dalam upaya pemadaman Karhutlah dan menghimbau dalam musim kemarau ini, agar warga berhati-hati ketika menyalakan api sehingga tidak memperparah kondisi Karhutlah di Minut,” tandas Rumumpe. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================