Wali Kota Eman Buka Sosialisasi RUPM Kota Tomohon 2017-2025

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) Kota Tomohon tahun 2017 – 2025, bertempat di Rudis Wali Kota, Kamis (12/4/2018).

Wali Kota dalam sambutannya mengungkapkan, Perencanaan merupakan bagian terpenting dari pelaksanaan suatu kegiatan.

Dimilikinya perencanaan akan memudahkan pengambilan keputusan sesuai arah yang benar, efisien dan efektif.

Wali Kota menjelaskan, Kota Tomohon sebagai kota yang terus berkembang, memiliki prospek ekonomi cemerlang dan cenderung stabil dari sisi politik, sosial dan ekonominya, diharapkan terus mampu membuka peluang-peluang baru mendatangkan sumber capital bagi ekspansi pembangunan.

“Saat ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tomohon mengurus sebanyak 135 izin yangterdiri dari 98 perizinan dan 37 non perizinan yang diatur dalam Perwako Tomohon nor 6 tahun 2018 tentang pelimpahan kewenangan dan penandatanganan perizinan dan non perizinan dalam rangka pelayanan perizinan terpadu satu pintu.” ujar Wali Kota.

Ia memaparkan, Kota Tomohon telah memiliki Mal Pelayanan Publik sesuai Permen. Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI nomor 23 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik dengan maksud peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan.

“Mall Pelayanan Publik rencananya akan diresmikan pada tanggal 21 April 2108 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dan Menteri Hukum dan HAM RI, karena beberapa hari yang lalu sudah ada kerjasama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi RI dalam hal pembuatan paspor.” Terang  Wali Kota.

Ditambahkannya, jenis layanan yang ada dalam Mal Pelayanan Publik Kota Tomohon mencakup : Keimigrasian, Kepolisian, Pajak, Perbankan, Pelayanan Samsat, Perusahaan Air Minum, Badan Keuangan Daerah, PT.POS, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Pertanahan, Café/Kantin, Dinas PenanamanModal dan PTSP, DisDukCapil, DisKominfo, Comand Center, Ruang Bermain Anak, Ruang Menyusui, Ruang baca, ATM dan Halte Bus.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekot Tomohon Ir HV Lolowang MSc, Asisten Perekonomian setda  Max M Mentu MAP, para narasumber dari akademisi Unsrat manado Prof DR Ir Charles Kepel, DEA dan Kadis DPMPTSP Provinsi Sulut Hendry RW Kaitjily SH, Kadis DPMPTSP Tomohon Ir Nova Rompas serta jajaran, para kepala perangkat daerah, Lurah se-Kota Tomohon dan unsur perbankan Kota Tomohon. (SLY)