Walikota Eman Hadiri Paripurna DPRD Penjelasan Walikota Mengenai LPJP APBD 2018 Kota Tomohon

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak Ca menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon dalama rangka mendengarkan penjelasan Walikota mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah TA 2018,bertempat di ruang rapat DPRD Kota Tomohon, Selasa (11/6/2019).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky  J L Wenur MAP, didampingiWakil Ketua Caroll Senduk SH dan Youddy Moningka SIP.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA mengawali sambutannya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah bagi seluruh umat muslim yang ada di Kota Tomohon, juga ucapan selamat bagi seluruh umat Kristiani yang baru saja merayakan Hari Raya Pentakosta pada hari minggu kemarin.

Walikota dalam penjelasannya mengatakan, Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 320 Ayat 1 UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan juga PP No 12 Tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah pada pasal 194, dimana mengamanatkan kepala daerah untuk menyampaikan rancangan perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan serta ikhtisar laporan kinerja dan laporan BUMD paling lambat 6 bulan setelah tahun anggaran berakhir,.

Selanjutnya akan dibahas bersama dengan DPRD untuk mendapatkan persetujuan bersama, yang sebagaimana diatur pada PP No 12 Tahun 2019 Pasal 193 Ayat 3 bahwa persetujuan bersama dilakukan paling lambat 7 bulan setelah tahun anggaran berakhir” urai Eman.

“Dalam ranperda ini kami sajikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Tomohon TA 2018 berupa laporan keuangan pemerintah daerah yang telah diaudit oleh BPKRI perwakilan Prov Sulut, yang didalamnya memuat laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan, terlampir pula laporan kinerja dan laporan keuangan BUMD” Kata Walikota.

Eman juga mengapresiasi kepada seluruh jajaran pemerintah yang ada beserta juga pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon, karena atas kerja keras kita bersama sehingga Pemkot Tomohon pada Tahun 2019 kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI Perwakilan Prov Sulut atas laporan keuangan Pemerintah Daerah TA 2018, dengan demikian, WTP saat ini merupakan ke 6 kali secara berturut-turut bagi Pemkot Tomohon, hal ini merupakan prestasi yang besar bagi pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon.

“Harapan kami melalui pencapaian ini kita terus dapat meningkatkan kinerja sehingga kedepannya kita dapat mempertahankan pencapaian yang sudah baik tersebut.” Tutup Eman.

Hadir dalam rapat Paripurna ini, Wakil Walikota Tomohon, Syerly Sompotan, para anggota DPRD serta para unsur pejabat Jajaran Pemkot Tomohon. (SLY)