Walikota Eman Uraikan Tujuan Utama Program KB

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak menghadiri Penyuluhan Keluarga Berencana Kota Tomohon yang diadakan di Kantor Kelurahan Matani III, Selasa (06/03/2018).

Dalam sambutannya Wali Kota menguraikan tujuan utama program keluarga berencana adalah membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga dengan cara pengaturan kelahiran anak, agar diperoleh suatu keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tujuan lain meliputi pengaturan kelahiran, pendewasaan usia perkawinan, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Salah satu fungsi BKKBN dalam melakukan upaya pengedalian kuantitas dan penyelenggaraan berencana adalah melakukan advokasi dan koordinasi serta menyelenggarakan komunikasi, informasi dan edukasi di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Wujud dari perilaku ber-KB diantaranya dapat berupa penggunaan kontrasepsi bagi pasangan usia subur dan dan penundaan perkawinan remaja.

Untuk menciptakan keluarga yang mendukung prilaku sasaran KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) diperlukan kegiatan advokasi, yang dapat menciptakan dukungan, membangun konsensus dan mendorong iklim yang kondusif, mendukung perubahan perilaku yang diharapkan Komunikasi Informasi dan Edukasi.

“Berbagai perubahan lingkungan baik nasional, regional maupun internasional telah memberi pengaruh dalam pelaksanaan program kependudukan KB dan pembangunan keluarga di Indonesia. Sehubungan dengan tuntutan dengan paradigma kependudukan dunia serta tuntutan perubahan di tanah air telah memberi nuansa baru dan mendasar dalam pengelolaan program pelaksanaan KB”, Tutup Eman sembari membuka kegiatan secara resmi.

Sebelumnya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana Kota Tomohon Dra Truusje Kaunang saat membaca laporan kegiatan mengatakan, kegiatan penyuluhan keluarga berencana ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup melalui pembangunan kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang mendukung prioritas nasional kesehatan, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan wilayah serta pembangunan lintas bidang revolusi mental.

Tampak hadir narasumber dr Jano Manarisip Kepala Bidang KB perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara, Ibu Aini Pakasi Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Tomohon, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan para Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD). (SLY)