Walikota Tomohon Buka Musrokot III Koni Tomohon Tahun 2021

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH menghadiri serta membuka Musyawarah Olahraga Kota (MUSORKOT) III Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tomohon tahun 2021, yang dilaksanakan di Grand Master Resort Tomohon, Jumat (28/5/2021).

Walikota dalam sambutannya memberikan apresiasi sekaligus menyampaikan selamat kepada panitia penyelenggara dan seluruh pihak yang menginisiasi kegiatan ini, karena sudah saatnya musyawarah ini dilaksanakan setelah sekian lama mengalami penundaan.

Dikatakan juga bahwa selain program kerja, musda ini akan memilih serta menetapkan kepengurusan KONI masa bakti 2021 – 2025,

“Saya optimis dengan pengurus yang baru, eksistensi KONI Kota Tomohon ke depan akan lebih maju dan diperhitungkan dalam rangka memajukan dunia olahraga serta meningkatkan prestasi dan kesejahteraan atlet pada semua cabang olahraga” Ucapnya.

“Untuk mewujudkan harapan itu, dibutuhkan sinergitas KONI dengan seluruh cabang olahraga dan juga sinergitas antara KONI dengan pemerintah Kota Tomohon, dengan adanya sinergitas saya yakin prestasi olahraga di kota tomohon akan lebih maju dan lebih hebat” Lanjut Walikota.

Walikota menjelaskan bahwa KONI merupakan wadah pembinaan dan pengembangan dari seluruh cabang olahraga yang bercirikan disiplin, semangat, dan perjuangan dalam memajukan dunia olahraga profesi menuju olahraga prestasi yang memiliki tugas pokok merencanakan, mengkoordinasikan serta melaksanakan pembinaan dan peningkatan prestasi atlet, kinerja wasit, pelatih dan manajer untuk mewujudkan prestasi keolahragaan nasional menuju prestasi internasional, karenanya KONI Kota Tomohon harus menempatkan diri sebagai organisasi mandiri yang mampu mengelola organisasi secara profesional sehingga dapat menghasilkan prestasi olahraga yang membanggakan.

Di ingatkan pula bahwa tantangan ke depan tidaklah mudah, baik itu tantangan dari luar maupun dari dalam organisasi sendiri, pengurus harus memiliki semangat, kemampuan, profesionalitas, dan kompetensi yang memadai sehingga mampu menjawab tantangan serta memiliki ide atau gagasan yang cemerlang dalam menentukan suatu keputusan dan solusi yang konstruktif dan melalui manajemen KONI yang berkualitas, diharapkan dapat menggairahkan atlet dan olahragawan di Kota Tomohon untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga dapat berprestasi di tingkat daerah, nasional maupun internasional”

Memang pada masa pandemi covid-19 ini aktivitas olahraga di semua tingkatan maupun cabang olahraga mengalami penurunan yang signifikan akibat adanya pembatasan kegiatan. namun demikian, situasi seperti ini diharapkan tidak menurunkan semangat pengurus KONI dan olahragawan untuk tetap mempertahankan eksistensi olahraga, walapun harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan memperhatikan seruan pemerintah lainnya. apalagi kota tomohon dikenal sebagai salah satu daerah yang banyak memberikan kontribusi atlet di ajang nasional maupun internasional prestasi yang ditunjukkan tersebut dengan sendirinya membanggakan dan membawa nama harum bagi kota tomohon. Ini menjadi tantangan bagi pengurus KONI yang akan dipilih nanti. pertahankan apa yang sudah digenggam dan raihlah apa yang masih menjadi harapan.

“Pemimpin adalah sosok panutan dan penentu arah organisasi dalam mencapai tujuan organisasi. Saya berharap ketua dan pengurus KONI yang akan terpilih nantinya merupakan sosok-sosok dapat membawa perubahan KONI kota tomohon ke arah yang lebih baik, memiliki kemampuan manajerial, komunikatif, dapat diteladani dan memiliki kemampuan menjalin hubungan dengan pemerintah serta stakeholder terkait lainnya” Ucapnya.

Pelaksaan musda ini menentukan arah dan langkah koni ke depan dalam rangka aktualisasi kinerja bidang olahraga di Kota Tomohon. Ketua dan pengurus yang baru harus merumuskan program kerja dengan memperhatikan skala prioritas, kemampuan keuangan, ketersediaan fasilitas dan juga kesejahteraan atlet terutama atlet yang mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan.

Kaitan dengan fasilitas olahraga, pemerintah Kota Tomohon berupaya semaksimal mungkin sesuai dengan anggaran yang tersedia untuk membangun dan memperbaiki fasilitas olahraga dan ini merupakan salah satu program unggulan dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah Kota Tomohon.

Diharapkan juga dengan adanya event olahraga di Kota Tomohon terutama Sport Tourism akan lebih banyak mengundang turis lokal maupun mancanegara sehingga Kota Tomohon akan lebih dikenal bukan cuma di tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Hadir pada kegiatan ini, Sekretaris KONI Sulawesi Utara Tonny Kulit, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE, Wakil Ketua DPRD Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA dan Erens Kereh AMKL, Caretaker KONI Tomohon Drs Eliert Paat, Perwakilan Forkopimda Tomohon, Ketua Panitia Ronni Lumowa SSos MSi, Branch manager Bank SulutGo Jeane Yessi Arina SE, dan Para Pengurus Cabang Olahraga. (SLY)