Wiranto Bekali Camat Tentang Konteks NKRI

Disampaikan Dalam Rakornas Camat di Minut

KALAWAT, beritanusantara.co.id-Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhutkam) Wiranto memberikan penegasan terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kepada peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Camat Regional I yang meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampapua)

“Dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia kita mengedepankan loyalitas tunggal, sehingga dapat menjaga dan memelihara keutuhan. Para Camat harus memahami dengan benar asas Desentralisasi, sebab merupakan dasar penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan saat ini, ” kata Jenderal Wiranto dalam sesi pembinaan dalam Rakornas di ruang serba guna Sutan raja Hotel Kalawat Minut, Kamis (30/08/2018).

Selanjutnya selain membekali semangat Kebangsaan, Menkopolhutkam juga memberikan pembekalan politik sehubungan dengan pelaksanaan pemilihan umum serentak untuk Legislatif dan berujung pada Pemilihan Presiden.

“Para Camat harus membantu suksesnya agenda nasional dengan cara berperan secara aktif, sebab ada pihak pihak tertentu yang menginginkan agenda tersebut tidak berjalan lancar,” tegas Wiranto. Selanjutnya Wiranto mengajak para Camat sebagai ujung tombak suksesnya Pemilihan Umum untuk lebih mengambil peran yang lebih aktif. “Sebagai wujud tanggung jawab sebagai kepala kecamatan terhadap suksesnya program pembangunan seperti Pemilu, dapat menyampaikan kepada masyarakat pola kerja dan pertanggungjawaban kepada rakyat, yakni hasil hasil pelaksanaan pembangunan,” ujar Menkopolhutkam. (mt)