Wolff : Optimalisasi Jabatan Struktural Menunggu Rekomendasi KASN

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe akan segera melaksanakan optimalisasi terkait dengan pengisian jabatan struktural di lingkup Pemkab Sangihe.

Hal ini dikatakan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sangihe, Harry Wolff, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Selasa (25/8).

Wolff menjelaskan, diawal bulan Agustus telah diakukan kegiatan uji kompetensi bagi pejabat pimpinan tinggi pratama yang diikuti pejabat eselon IIB.

“Mengingat saat ini di Pemkab Sangihe ada tiga jabatan kosong untuk eselon IIB yakni kepala bapelitbang, kadis koperasi UMKM dan Kadis P3A, yang sekarang dijabat oleh pelaksana tugas,” jelas Wolff

Wolff menuturkan, saat ini masih menunggu permohonan persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), apakah uji kompetensi yang dilakukan sudah sesuai proses atau belum berdasarkan aturan yang ada. Dan jika sudah ada rekomendasi dari KASN maka akan dilakukan pelantikan.

“Saat ini pihak BKD sedang menunggu proses rekomendasi KASN. Dan nantinya kita akan mendapatkan optimalisasi jabatan dari pejabat yang sudah ada, kemudian diisi sesuai kompetensi, baru akan dilakukan pelantikan,” tutur Wolff.

Dirinya mengakui, meski nanti akan dilakukan pelantikan untuk optimalisasi jabatan, tetapi masih ada tiga jabatan kosong, sehingga pemkab akan membuka peluang open bidding.

“Dengan adanya open bidding, nanti akan dikerahkan semua fungsi jabatan struktural yang saat ini masih kosong dan belum dilakukan pelantikan,” terangnya.

Wolff menambahkan terkait pelaksanaan open bidding, bagi pejabat yang telah mengikuti assesment awal dua atau tiga tahun berarti sudah tidak lagi mengikuti assesment. tetapi untuk pejabat baru otomastis harus ikut assesment.

“Open bidding nanti akan dibuka untuk umum. Bagi pejabat yang minimal memenuhi kriteria, baik di lingkup Pemkab Sangihe maupun di luar yang penting memenuhi syarat. Dan pastinya semua ini akan dilakukan sesuai prosedur yang ada,” Tutup Wolff. (allen)