Yatris Tiala : Vaksinasi Rabies Terus Dilakukan Walaupun Tenaga Vaksinator Terbatas

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Kasus Rabies di Kabupaten Sangihe sudah dinyatakan sebagai status Kejadian Luar Biasa (KLB), hal ini disebabkan karena jumlah korban yang meninggal dunia akibat infeksi rabies sudah berjumlah 7 orang.

Menanggapi hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Sangihe selaku instansi yang menangani rabies pada hewan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Yatris Tiala Kepada Sejumlah Media saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/6) mengatakan bahwa mereka sebelum sangihe dinyatakan sebagai status KLB sudah melakukan vaksinasi sejak januari 2019.

“Setelah ada KLB kami dari bidang peternakan sudah dan akan terus melakukan vaksinasi di daerah kasus rabies dan daerah seputarannya”, ungkap Tiala

Namun yang menjadi kendala sambung Tiala, kurangnya tenaga vaksinator di bidang peternakan, dimana sejauh ini hanya ada lima ASN dan dua Tenaga Harian Lepas (THL) yang turun ke lapangan untuk melakukan vaksinasi.

“Dengan jumlah tenaga vaksinator yang terbatas, tentu kami cukup kewalahan untuk melakukan vaksianasi dengan jumlah populasi yang diperkirakan 10.000 lebih,” ujarnya.

Dijelaskannya, sejak bulan januari sampai sekarang sudah mencapai angka 2.000 populasi yang tervaksinasi, hal ini tentu akan terus dilakukan dengan memprioritaskan daerah kasus serta seputarnnya untuk mencegah tidak terjadinya lagi kasus kematian akibat infeksi rabies walaupun stok vaksin yang terbatas, namun ada solusi dengan adanya bantuan dari provinsi.

“Terkait kurangnya tenaga vaksinator, kami dari bidang peternakan sudah mengusulkan saat rapat bersama dengan pemerintah daerah, serta tim anggaran kabupaten sangihe dengan rencana melakukan pelatihan untuk masing-masing desa satu orang tenaga vaksinator, dan pemerintah daerah akan berupaya untuk merealisasikan usulan rencana ini,” Tutup Tiala. (allen)

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================