Bertambah 1 Lagi Orang Positif Covid-19 Di Tomohon Jadi 137 Kasus, Sembuh Bertambah 2 Jadi 34 Orang

TOMOHON, beritanusnantara.co.id – Hari ini Bertambah lagi 1 kasus baru terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Tomohon dari Tomohon Timur sehingga kini tercatat sudah mencapai angka 137 kasus. Namun demikian, dilaporkan juga bahwa ada 2 orang pasien yang sudah dinyatakan sembuh karena telah diperoleh hasil Swab Test 2 kali negatif, namun salah satu pasien belum diijinkan keluar rumah sakit karena masih ada penyakit penyerta (komorbid). Sehingga jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sudah 34 orang.

Melalui Gugus Tugas (GT) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tomohon dalam pers release, Rabu (15/7/2020), Juru bicara gugus tugas Yelly Potuh SS mengatakan bahwa penularan COVID-19 melalui transmisi lokal masih terus terjadi, maka Gugus Tugas kembali menghimbau seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk tetap waspada, tetap mentaati himbauan pemerintah, dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat, meskipun kita telah memasuki era New Normal atau hidup normal yang baru.

Lanjutnya, New Normal tidak berarti kita kembali ke kehidupan normal seperti sebelum adanya pandemi COVID-19, namun kita menjalani pola hidup baru yang penuh kewaspadaan dan kehati-hatian, kehidupan masyarakat yang produktif namun aman dari COVID-19

Menjaga jarak fisik dengan orang lain, memakai masker dengan benar saat beraktifitas di luar rumah (tidak menurunkannya ke dagu atau leher lalu dipakai kembali), rajin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer sebelum menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung, dan mulut, serta menahan diri agar jangan dulu beraktifitas yang melibatkan banyak orang di satu lokasi baik di dalam maupun di luar ruangan termasuk di lokasi perkebunan, menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan.

“Jadikan hal ini sebagai gaya hidup yang baru agar kita terhindar dari COVID-19.” Ucap Potuh

Gugus Tugas juga meminta kerjasama yang baik dari semua pihak untuk tidak menyebarluaskan informasi, data, atau berita berkaitan dengan Penanganan dan Penyebaran COVID-19 di Kota Tomohon jika informasi, data, atau berita tersebut bukan informasi resmi yang telah diverifikasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Tomohon.

Dan merujuk pada Surat Edaran Menteri Kesehatan nomor HK.02.01/ MENKES/199/2020 tentang Komunikasi Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) tertanggal 12 Maret 2020 yang menyatakan bahwa data dan identitas pasien tidak disebarluaskan ke publik, maka Gugus Tugas juga meminta kerjasama yang baik dari semua pihak untuk tidak mempublikasikan data dan identitas diri pasien COVID-19 kepada masyarakat luas.

Kita semua tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Oleh karena itu marilah kita beradaptasi dengan kehidupan yang baru ini, sambil terus berdoa agar kita semua diberi kesehatan, kekuatan, dan ketabahan. Tingkatkan imunitas tubuh kita masing-masing dengan cara makan makanan yang bergizi, mengkonsumsi vitamin seperlunya, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, berpikir positif, dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (SLY)