Distan Sangihe Masih Ada Stok 5000 Dosis Vaksin Untuk Hewan Peliharaan

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Dinas Pertanian (Distan) Daerah Sangihe dalam hal ini Bidang Peternakan masih punya stok kurang lebih 5000 Dosis vaksin untuk hewan peliharaan. Hal ini dibenarkan Kepala Distan Daerah Sangihe Golfried Pella saat ditemui awak media di ruang kerjanya akhir pekan lalu

“Stok tersebut untuk persiapan sampai dengan akhir Desember 2021. Dan itu sisa dari APBD. Nantinya untuk dosis vaksin ini kita akan dapat bantuan dari provinsi sama seperti tahun lalu,” kata Kadis.

Dia mengakui, sampai saat ini ada kurang lebih 2.400an hewan anjing yang tervaksin dari lima wilayah diantaranya, Tabukan Selatan, Tabukan Tengah, Tabukan Utara, Tahuna dan Tahuna Barat.

“Rencana minggu depan vaksinasi akan dilakukan di Kecamatan Tahuna Timur. Dan ini belum semua karena ada juga ketika tim vaksinasi turun, tuan rumah pemilik anjing tidak ada. Namun untuk Kecamatan Tahuna dan Tahuna Barat sudah disisir kembali,” jelas Pella.

Diakui Kadis, dalam vaksinasi hewan peliharaan ini mengacu pada data yang ada. Karena dalam satu kecamatan tidak semua kelurahan yang dilakukan kegiatan vaksinasi hewan ini.

“Misalnya di bulan Oktober tahun lalu kegiatan vaksinasi di Kelurahan A sudah dilakukan, berarti akan dilakukan vaksinasi kembali pada Oktober 2021. Mengingat masa waktu vaksin ini adalah satu tahun. Sehingga kami harus melihat data terlebih dahulu sebelum turun lapangan. Tidak mungkin belum genap 1 tahun lalu divaksin ulang,” pungkas Pella. (allen)