Dukung Pendidikan Usia Dini, Gaghana Hibahkan Lahan Paud Kampung Pokol

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, menandatangani sekaligus menyerahkan dokumen hibah tanah lahan Paud Kampung Pokol, Oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sangihe Kepada Pemerintah dan Masyarakat Kampung Pokol, Kecamatan Tamako, Kamis (25/6).

Dalam sambutannya, Gaghana mengungkapkan dengan adanya peraturan pemerintah terkait penggunaan danah desa (dandes) menjadi perhatian penting salah satunya dalam dunia pendidikan usia dini yaitu paud.

“Tentunya untuk mempersiapkan generasi muda di usia dini dalam menyambut masa depan lebih baik, diperlukan sarana, fasilitas yang dibangun gedung paud di setiap desa, pembiayaannya melalui dandes,”ungkap Gaghana.

Gaghana menjelaskan, hibah lahan ini sangat perlu dilakukan agar tidak terjadi masalah dikemudian hari, karena pembangunan melalui pembiayaan dandes bisa terealisai ketika lahan tersebut sudah menjadi aset pemerintah desa.

“Langkah dari pemerintah kampung pokol ini merupakan contoh yang baik terkait pengajuan tanah hibah, sebab persoalan tanah belakangan ini menjadi sangat krusial, cenderung menjadi persoalan ketika belum memiliki dokumen-dokumen hak kepemilikan,”jelasnya

Menurut Gaghana, kebanyakan kekurangan di desa salama ini adalah lahan untuk pembangunan sarana, fasilitas paud.

“Setiap kapitalaung pastinya memerlukan lahan dalam pembangunan infrastruktur di desa demi kemajuan pendidikan di usia dini. Untuk itu, dikesempatan ini selaku pemerintah kami mengsuport kebijakan pemerintah kampung dengan menghibahkan lahan,”ujar Gaghana.

Sementara itu, Kapitalaung Kampung Pokol, Meyer J. Maniku, mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah yang telah menghibahkan lahan pembangunan Paud.

“Selaku Kapitalaung dan masyarakat kampung pokol, tentunya kami sangat berterima kasih kepada Pemda, sehingga adanya dokumen hibah ini, aktivitas paud dapat berjalan dengan baik,”singkat Maniku. (allen)