Kukuhkan Poktan, Wawali Lumentut: Kelompok Tani Harus Punya Semangat Gotong Royong

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE mengungkapkan bahwa Kelompok Tani harus punya semangat gotong-royong dan mengutamakan kelompok bukan kepentingan satu atau dua orang saja. Ini dikatakannya saat mengukuhkan Kelompok Tani (Poktan) bertempat di Cartenz Hills Puncak Wawo Kelurahan Matani Dua, Kamis (3/6/2021).

Dikatakannya, pertanian merupakan sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah.

Hal ini sesuai dengan visi yaitu Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera, dengan misi, memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya sangat berbangga karena pada hari ini yang di kukuhkan adalah kelompok tani yang kebanyakan beranggotakan wanita, ternyata bukan hanya laki-laki saja yang menjadi tulang punggung keluarga tetapi wanita juga menjadi tulang punggung keluarga. Ini dapat menjadi penyemangat bagi laki-laki untuk bekerja lebih semangat lagi” Ucap Wawali.

Para Kelompok Tani yang di kukuhkan adalah Poktan Makasiow, Poktan Sevent day, Kelompok Wanita tani Wewene Victory , Kelompok Wanita Tani Barito, Kelompok Wanita Tani Brokoli, Kelompok Wanita Tani Pokcai dan Kelompok Wanita Tani Sawi.

Di lain Pihak, Ketua TP PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk Karundeng yang turut hadir pada kesempatan itu dalam arahannya mengajak kepada seluruh kelompok tani untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami buah misalkan jeruk dan sebagainya, selain membuat pekarangan rumah menjadi indah juga memberikan nilai ekonomis bagi keluarga.

“Kelompok tani yang telah di kukuhkan harus mempunyai semangat yang tinggi, jangan hanya semangat di awal-awal saja, Sekali lagi banyak selamat bagi Kelompok tani yang telah di kukuhkan” Ucapnya.

Hadir juga dalam acara ini Sekretaris TP PKK Kota Tomohon Ibu Eleonora Lumentut Sangi, Kadis Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP dan Lurah Matani Satu. (SLY)