Lantik Pejabat Kapitalaung Dan MTK, Gaghana Harapkan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Bupati Kabupaten Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, melantik dan mengambil sumpah dua Pejabat (Pj) Kapitalaung Kampung Bentung, Kecamatan Tabukan Selatan, Sineydesis Pontoh, dan Pj Kapitalaung Kampung Laine, Kecamatan Manganitu Selatan, Yandrianti Kalombone, serta beberapa Majelis Tua-tua Kampung (MTK) di Aula Rumah Jabatan Bupati, Jumat (27/12)

Pada kesempatan itu, Gaghana mengatakan dalam tatanan pemerintahan, tugas utama adalah bagaimana mensejahterakan rakyat, dimana sangat diperlukan sinegritas kapitalaung, MTK, dan seluruh komponen dalam upayah pengembangan desa.

“Target kita semua dalam pencapaian visi misi pemerintah dengan tujuh program utama, yang menjadi prioritas dan tugas pokok menurunkan angka kemiskinan dalam kerangkah peningkatan kesejahteraan,” Ujar Gaghana.

Menurut Gaghana, agenda utama untuk mencapai target pemerintah, adalah pemberdayaan untuk ekonomi kerakyatan dalam sektor pertanian, peternakan, perikanan.

“Kita berharap pemanfaatan dana desa (dandes), sinegtritas, betul – betul didorong dalam pemberdayaan ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari sektor yang diunggulkan dalam prioritas,”kata Gaghana.

Dengan program two day no rice yang difasilitasi pemerintah melalui program Pasar Tani dan Nelayan (Pastane), Gaghana berharap ini merupakan langkah yang baik untuk dikerjakan bersama dengan tujuan lebih memaksimalkan pemangkasan angka pengangguran dan kemiskinan.

“Sumbangsi pemikiran dari kapitalaung, dan MTK sangat diperlukan untuk mendorong terwujudnya program desa dalam mensejahterakan rakyat, dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat,”ungkapnya.

Gaghana juga memintah, agar kapitalaung benar-benar tepat sasaran dalam pengelolaan dandes, karena ada banyak hal yang dapat dilakasanakan di kampung demi kepentingan rakyat dengan jumlah dandes yang cukup besar.

“Pola berpikir kita sudah harus melihat potensi di desa yang begitu banyak, dengan pegelolaan dandes yang baik tentunya kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai,”tutup Gaghana. (allen)

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================