Mutasi jabatan, empat Kapolsek dan Kasikeu Polres Minsel disertijabkan

MINSEL-Beritanusantara.co.id- Polres Minahasa Selatan menggelar upacara serah terima jabatan (Sertijab), empat Kapolsek dan satu Kepala Seksi, Selasa pagi (18/05/2020), dilaksanakan di halaman utama Polres Minsel; dihadiri oleh seluruh pejabat utama, para Kapolsek, ASN, serta perwakilan personel jajaran; dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Upacara Sertijab ini dipimpin langsung Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon, SIK; selaku Inspektur Upacara, Kabag Sumda I Ketut Mantra, SH; selaku Perwira Upacara; dan Paur Kes Ipda Kadek Arnaya selaku Komandan Upacara.

 

Dasar pelaksanaan sertijab yaitu Keputusan Kapolda Sulut nomor Kep/229/IV/2021 dan Kep/230/IV/2021, tanggal 30 April 2021; tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda Sulut.

 

Adapun pejabat yang disertijabkan yaitu Kapolsek Tumpaan AKP Karel Efraim Lasut kepada Iptu Ricoh Roi Velasco Wongkar, yang sebelumnya bertugas di Dit Lantas Polda Sulut. AKP Karel Efraim Lasut selanjutnya dimutasikan sebagai Kasubbagsisjemen Bagstrajemen Rorena Polda Sulut.

 

Kapolsek Sinonsayang dari Iptu Tedip Malamtiga kepada Ipda Jes Thanos Muaja, S.Sos; yang sebelumnya menjabat sebagai Panit Lantas Polsek Wenang, Polresta Manado. Iptu Tedip Malamtiga selanjutnya dimutasikan sebagai Panit 3 Subdit 3 Dit Intelkam Polda Sulut.

 

Kapolsek Amurang dari Iptu Wensy Saerang, SE; kepada Iptu Bayu Damara Hadiputra, S.Tr.K.; yang sebelumnya menjabat Kaur Pamwal Spripim Polda Sulut. Iptu Wensy Saerang, SE; selanjutnya dimutasikan sebagai Kaurdumas Subbag Dumasan Itwasda Polda Sulut.

 

Kapolsek Ranoyapo dari Iptu Rani Rorong kepada Ipda Eko Sutarman, yang sebelumnya menjabat Kapolsek Tompaso, Polres Minahasa. Iptu Rani Rorong selanjutnya dimutasikan sebagai Kasat Tahti Polres Bolmong.

 

Sementara itu, Kasikeu Polres Minsel yang sebelumnya dijabat oleh Ipda Jodie Ferdinand Kairupan, SH; berpindah ke Ipda Daniel Dussung, yang sebelumnya menjabat Paur Keu Urrenmin Yanma Polda Sulut. Ipda Jodie Ferdinand Kairupan, SH; selanjutnya dimutasikan sebagai PS Kaur Keu Subbagrenmin Bid Dokkes Polda Sulut.

 

“Mutasi jabatan merupakan hal biasa yang dilakukan di lingkungan institusi Polri, dengan tujuan untuk menjaga dinamika operasional dan penyegaran dalam manajerial organisasi dalam melaksanakan misi untuk mencapai visi yang ditetapkan organisasi,” ujar Kapolres Minsel dalam amanatnya.

 

Poin penting atensi Kapolres Minsel diantaranya jalin sinergitas dengan TNI, Pemda, stakeholder dan seluruh komponen masyarakat; all out dalam kegiatan pencegahan Covid-19 melalui edukasi, himbauan kepada masyarakat; kelola sikon kamtibmas tetap aman dan kondusif, serta deteksi dini dan mapping potensi kerawanan konflik sosial guna menentukan langkah teknis/taktis dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya.

 

Mengakhiri sambutannya, Kapolres Minsel menyampaikan terima kasih kepada pejabat lama atas dedikasi dan sumbangsih dalam memajukan organisasi Polres Minsel. “Serta untuk para pejabat yang baru agar segera menyesuaikan dengan lingkungan penugasannya. Berikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara,” tutup Kapolres. (Koresy)