Sangihe Art Ferstival Berakhir, Tamuntuan Ajak Warga Terus Berinovasi Majukan Daerah

Hits: 20

SANGIHE, BNC – Berlangsung selama dua pekan sejak 5-19 Mei 2023, Sangihe Art Festival (SAF) di Pusat Kota Tahuna berakhir saat ditutup langsung oleh Penjabat Bupati Sangihe, Rinny Tamuntuan, Jumat (19/5).

Tamuntuan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja keras panitia pelaksana SAF, sehingga dapat terlaksana dengan baik.

“Tentunya kegiatan yang cukup lengkap tersaji menyuguhkan berbagai macam seni mulai dari pameran seni rupa, lomba seni budaya, workshop bahkan Bazaar UMKM, menjadi pematik bagi Pemda Sangihe serta masyarakat untuk terus berinovasi dan berkreasi untuk memajukan setiap potensi yang ada,”ucap Tamuntuan.

Menurut Pj Bupati, Ada juga Pameran Bakar Manyala yang menyajikan karya para seniman dari beberapa daerah di Sulawesi Utara dan Gorontalo, Kedepan karya-karya seni yang lebih banyak muncul adalah karya seni dari anak-anak daerah, sehingga para seniman daerah mulai saat ini mulai berbenah dan melihat peluang panggung seni rupa yang dapat mengangkat karya seni teman-teman seniman daerah.

“Sama halnya denga pelaku UMKM yang terlibat selama dua minggu ini pada festival, saya melihat ada banyak berasal dari daerah lain, mereka merespon dengan melihat peluang yang dapat diambil dari Bazaar, untuk itu diharapkan semangat seperti ini menjadi stimulan bagi pelaku UMKM daerah agar dapat bangkit dan mampu berkreasi mencari pasar, sehingga produk-produk daerah dapat lebih di kenal laris untuk bisa menumbus pasar provinsi, nasional bahkan ekspor ke negara lain,”kata Tamuntuan.

Tamuntuan juga mengajak masyarakat sangihe, komunitas anak muda untuk dapat bersama-sama memajukan daerah diberbagai bidang minat bakat, serta dapat menggunakan kreativitas dan talenta untuk menghasilkan berbagai inovasi yang punya nilai jual tinggi.

(allen)