Sangihe Jadi Prioritas Program Indonesia Terang

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Penjabat Bupati Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan menandatangani Naskah Perjanjian Hibah antara Lembaga Pengelola Proyek Forum Budaya Dunia Heritages (LPP FBDH) dengan Pemerintah Kabupaten Sangihe, tentang Hibah Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Bagi Desa Tertinggal, Jumat (3/7).

Hibah ini diserahkan dalam rangka mensukseskan program pemerintah “Indonesia Terang” dengan menggunakan tenaga surya yang hemat energi bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik.

Selain itu, hibah ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang belum mendapatkan akses penerangan jalan umum di Desa Tertinggal/Daerah terpencil, dan Kabupaten Sangihe menjadi salah satu yang diprioritaskan karena merupakan daerah di Perbatasan.

Pembiayaan dalam pengadaan, distribusi dan pemasangan PJU-TS ini bersumber dari LPP FBDH sendiri. Menyusul penandatanganan ini LPP FBDH akan melaksanakan survey penentuan titik koordinat dan peta jaringan pemasangan PJU-TS yang menyesuaikan dengan pihak Pemerintah Kabupaten Sangihe.

Pemerintah sendiri memprioritaskan pemasangan lampu jalan ini di lokasi-lokasi yang sangat membutuhkan penerangan jalan yang akan di sebar ke seluruh kecamatan yang ada di Sangihe.

Rencananya jumlah bantuan lampu PJU-TS yang disediakan untuk Sangihe adalah sejumlah 5000 unit, dan waktu pelaksanaan hibah ini secara bertahap sampai dengan tahun 2025.

Pada kesempatan itu, dr. Rinny Tamuntuan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada LPP FBDH dibawah pimpinan Ketua Umum Bapak Citro Panuwun Al-Abdussalam Aziz yang telah memberikan bantuan hibah ini bagi Kabupaten Sangihe.

“Tentunya Ini menjadi salah satu yang dibutuhkan masyarakat Sangihe, secara khusus bagi warga yang ada di desa minim penerangan dalam menunjang berbagai aktifitas masyarakat terlebih khusus pada malam hari”,Kata Tamuntuan

Dirinya berharap dengan adanya program ini akan menjadikan Sangihe lebih bersinar, Nusantara bersinar.

Pada penandatanganan naskah ini, Ketua LPP FBDH diwakili oleh Sekretaris Jenderal LPP FBDH H. Saiful Anwar HS, yang berlangsung di Kantor Ketua Umum Rakyat Nusantara Bersinar LPP FBDH Gedung The Vida Lantai 5 Jl. Raya Perjuangan No. 8 Kebon Jeruk Jakarta Barat. (allen)