Sukses Pelaksanaan Detik-Detik Proklamasi di Minahasa Utara

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 tahun, Sabtu (17/08/2019) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), berlangsung sukses ditandai keberhasilan yang membanggakan 30 Paskibraka Minut, dikolaborasi dengan 45 pasukan TNI/Polri, ketika melaksanakan tugas menaikkan sang Merah Putih secara sempurna di lapangan upacara Pemkab Minut.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, STh dan komandan upacara Inspektur Polisi Tingkat Satu (Iptu) Tommy anggota Polres Minahasa Utara.


Situasi menegangkan terlampaui ketika Anggota Pasukan Delapan Paskibraka Misalya Ombuh siswi SMA Klabat Airmadidi pembawa bendera Merah  Putih yang diserahkan Inspektur Upacara Bupati VAP di sodorkan ke petugas Pengibar bendera yakni Jeswendy Karepoan, Bernard Malonda dan Natanael Tamara,  Injilia Wolajan, Vanesa Kilis dan Rosana James untuk dinaikkan ke tiang bendera dan secara sempurna berakibar diiringi lagu Kabangsaan Indonesia Raya.


Formasi pasukan pengibar bendera Merah Putih semakin semarak dengan tampilan seragam Paskibraka dengan kombinasi warna merah dan putih. Kombinasi warna yang sama juga berlaku di pasukan 17 yang dipimpin Vicky Panambunan.


Upacara turut dihadiri Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong, Ketua DPRD Minahasa Utara Berti Kapojos, S.Sos,  Kajari Minahasa Utara Vanny Widyastuti, SH, MH, Kapolres Minahasa Utara AKBP Jefri Ronald Parulian Siagian SIK,   Ketua PN Airmadidi  Mohamad Soleh SH MH, Perwakilan Kapolresta Manado, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1310 Bitung di Minut, Perwakilan Dandim Manado, Perwakilan Danlanal Manado, Perwakilan Danlanud Sam Ratulangi Manado, Para anggota DPRD Minahasa Utara, Sekretaris Daerah Ir Jemmy H. Kuhu, Komisioner KPU dan Bawaslu, Pimpinan Perbankan dan BPJS, LVRI, Ikatan Pendiri Minahasa Utara, pimpinan Partai Politik, Mantan bupati Minut Drs. Ruddy Umboh, Para Asisten dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Pimpinan BUMD Klabat, Orang tua anggota Paskibraka, ASN, Wartawan dan undangan lainnya. Sementara itu, peserta upacara dibawah cuaca cerah bumi Tonsea terdiri atas unsur TNI, Polri, Kopri, SatpolPP dan Damkar, Basarnas, Pramuka serta siswa SMA.

Usai pelaksanaan upacara bendera, Pemkab Minut kemudian melaksanakan Toast dan Resepsi Kenegaraan di Atrium kantor bupati, yang diwarnai pemasangan lilin Kue Peringatan HUT Kemerdekaan yang dipimpin langsung ibu bupati VAP, didampingi Forkopimda.


Dalam sambutannya, Bupati VAP menyampaikan rasa syukur sebab pemerintah dan rakyat di Kabupaten Minahasa Utara boleh merayakan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 tahun.
“Dengan perayaan yang sukses dan membahagiakan ini, harapan saya Minahasa Utara semakin diberkati Tuhan,  saya patut mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mengsukseskan seluruh rangkaian kegiatan, Selamat merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74, Tuhan memberkati, merdeka !,“ ucap bupati VAP disambut tepuk tangan seluruh hadirin yang memadati ruangan.


Turut juga diserahkan dalam kegiatan istimewa ini, Piagam Penghargaan untuk para Hukum Tua dan Pimpinan Perusahaan Swasta yang dinyatakan lunas tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Penghargaan untuk ASN Teladan, juga penyerahan hadiah untuk para pemenang di sejumlah kegiatan peringatan HUT Proklamasi yang diselenggarakan Pemkab Minut.


Kemudian, Komisioner KPU Minut didampingi Komisioner Bawaslu Minut, menyerahkan hasil penetapan kursi partai politik dan Calon DPRD Minut pada pemilu 2019.


Usai resepsi, ternyata pelaksana telah mempersiapkan kejutan untuk wartawan liputan Minahasa Utara dengan menggelar Wartawan Minut Idol, di bawah komando Pabung Minut Kodim 1310 Bitung Mayor Inf Rich Pusung, Kadis Pariwisata Minut Audy Sambul, S.Sos dan Kanan Keuangan Petrus Macarau, SE, para wartawan diperkenankan mambawakan dua buah lagu yakni lagu bebas dan lagu kebangsaan dengan hadiah total 1 juta rupiah.


Penutup kegiatan puncak peringatan HUT Proklamasi ini ditandai dengan suksesnya  pelaksanaan upacara penurunan Bendera Merah Putih, dengan inspektur upacara Kajari Airmadidi  Fanny Widyastuti, SH. MH.(mt)

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================