Timbunan Sampah Capai 25,415,32 Ton Pertahun, Pasiale : Harusnya Jenis Sampah Rumah Tangga Yang Masuk TPA

SANGIHE, beritanusantara.co.id — Kondisi timbunan sampah di Kabupaten Kepulauan Sangihe cukup memprihatinkan, sebat jumlah pertahun diperkirakan mencapai 25,41532 Ton. Hal ini dibenarkan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Daerah Kabupaten Sangihe Ronny Pasiale saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Selasa (2/11)

Pasiale menuturkan, hingga saat ini angka tersebut merupakan estimasi, karena menghitung volume atau berat sampah harus menggunakan timbangan dan alat, yang belum ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Memang perlu menjadi perhatian kita semua, sebab jumlah estimasi 25,41532 ton timbunan sampah per tahun di Kabupaten Kepulauan Sangihe,”kata Pasiale

Lebih lanjut Pasiale mengungkapkan, harus ada kesadaran masyarakat terkait jenis sampah yang harus dibuang ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Karena diakuinya, masih ada sampah yang seharusnya tidak boleh masuk ke TPA seperti kayu-kayu.

“Tentunya sosialisasi ke masyarakat sudah dilaksanakan, namun tetap saja. Sehingga kembali lagi dari kesadaran masyarakat tentang jenis sampah ini. Karena berdasarkan undang-undang, sampah yang seharusnya masuk ke TPA adalah sampah rumah tangga dan sejenisnya,”ungkap Pasiale.

Ditambahkan Pasiale, saat ini TPA sudah penuh, sehingga kedepan Pemerintah Kabupaten sudah harus menyiapkan lahan baru.

“Rencananya tahun depan sudah akan dilakukan pembebasan lahan. Mengingat TPA saat ini sudah cukup lama Sehingga harus ada lahan baru,”kunci Pasiale. (allen)