VAP Panen Perdana Jagung Hibrida di Tumalungtung

AWAL tahun 2018 Minahasa Utara melaksanakan panen perdana komoditi Jagung berjenis Hibrida di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan. Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Panambunan Selasa (23/01/2018), terlihat sangat gembira dengan kegiatan Panen perdana yang adalah kerjasama Badan Pengembangan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPPTP) Pemprov Sulut dan Dinas Pertanian Minut dengan kelompok-kelompok tani dengan mengelolah 3 hektar lahan yang ada.

Bupati sangat berharap agar warganya tidak malu jadi petani yang berhasil. Sebab menurut bupati pilihan rakyat ini, sebagian besar penduduk Minut adalah petani, tinggal perlu arahan dan motivasi sehingga dapat berhasil, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.

“Petani yang berhasil, sangat membutuhkan kerja keras dan berdoa. Dan saya ingatkan untuk tidak malu menjadi petani dan bertani, sebab sudah banyak contoh petani yang berhasil membiayai sekolah anaknya hingga selesai di perguruan tinggi,” uncap Panambunan

Selanjutnya VAP mengatakan, dirinya berharap cocok tanam Jangung dapat berkesinambungan dengan menggunakan teknologi pertanian yang tepat guna, sehingga bisa memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan.

“Ini adalah awal yang sangat baik, apalagi sudah berhasil dilakanakan dan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi jagung yang kedepan dapat meningkatkan kesejahteraan petani di daerah ini. Saya berharap penanaman Jagung Hibrida dapat dilakukan secara berkesinambungan,” kata Panambunan dalam sambutannya.

Kadis Pertanian Minut Ir Jan Sinaulan sebagai salah satu pelaksana kerjasama ini, menyebutkan dana pengelolahan pertanian Jagung Hibrida ini berasal dari Pemrov Sulut melalui  BPPT, dan Dinas Pertanian Minut serta kelompok tani Minut tinggal menyediakan lahan untuk dikembangkan Jagung hibrida.

“Dengan tercapainya keberhasilan produksi Jagung Hibrida, Minut sudah tidak lagi mengharapkan suplay benih Jagng Hibrida dari daerah lain, sebab dapat menyediakan sendiri,” jelas Sinaulan.

Kegiatan panen perdana ini, dihadiri langsung Kadis Pertanian Sulut Dr Jems Ari Bororing, Kepala BPP Dr Jeklin Molulong, Camat Kauditan, Hukum Tua Desa Tumaluntung dan kelompok tani se-Minut. (mt/Advetorial)