Walikota Caroll Senduk Harapkan Kelompok Tani Jadi Penggerak Masyarakat Untuk Gemar Menanan Demi Meningkatkan Ketahanan Pangan

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH berharap Kelompk tani akan menggerakkan masyarakat untuk gemar menanam dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan serta memotivasi petani dan pengurus kelompok tani untuk terus melakukan terobosan dalam meningkatkan usaha pertanian. hal ini disampaikannya melalui Sambutan pada kegiatan Pengukuhan kelompok-kelompok tani, bertempat di Kompleks perkebunan Kuruktung Kinilow, Senin (31/5/2021).

Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Enos Pontororing MSi mengawali sambutannya  mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus Kelompok tani Wuaya Leos, Kelompok tani Sinambey Kinilow dan Kelompok tani Milenial.

“Semoga dengan pengukuhan kelompok-kelompok tani ini, akan menggerakkan masyarakat untuk gemar menanam dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan. serta memotivasi petani dan pengurus kelompok tani untuk terus melakukan terobosan dalam meningkatkan usaha pertanian” Ucapnya.

Dikatakan pula bahwa Pertanian memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat Kota Tomohon karena menjadi sektor unggulan dan komoditas andalan dalam menunjang perekonomian di provinsi Sulawesi Utara dan daerah sekitarnya, oleh karena itu pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas dalam pembangunan.

Hal ini mendukung visi : Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera, dengan misi : memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap hadirnya kelompok-kelompok tani, secara otomatis turut berkontribusi langsung dalam mendukung laju pertumbuhan pembangunan di Kota Tomohon, sehingga kemajuan perekonomian Kota Tomohon semakin memperkokoh ketahanan dan kedaulatan pangan dalam masyarakat”Kata Walikota

Lanjutnya, hal ini dapat kita capai ketika setiap anggota dan pengurus kelompok bersama-sama masyarakat petani melaksanakan tugas dan peran masing-masing dengan baik dan bertanggung jawab.

Selanjutnya dalam kepengurusan kelompok tani, agar senantiasa memperhatikan, memahami arah dan tujuan terbentuknya kelompok tani diantaranya untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggota dan produktifitasnya serta menjalankan fungsi utamanya sebagai wadah bersama bagi anggota untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memanfaatkan teknologi pertanian untuk kehidupan yang lebih baik. sebagai anggota dan pengurus kelompok tani harus paham dan menyesuaikan dengan berbagai ketersediaan teknologi yang senantiasa menunjang kegiatan pertanian. karena melalui sentuhan teknologi pertanian dan penggunaan varietas unggul, maka akan memberikan hasil yang lebih baik.

Kelompok tani saat ini harus berpikir produktif dalam menanam, selektif memilih jenis tanaman pertanian, gunakan varietas unggul dan lihat prospek pasarnya cerah. gunakan teknologi pemupukan dengan kompos serta mengolah dan memberdayaakan lahan-lahan tidur untuk ketahanan dan kedaulatan pangan sehingga pengukuhan kelompok tani wuaya leos, kelompok tani sinambey kinilow dan kelompok tani milenial senantiasa menjadi wadah bagi petani untuk meningkatkan kesejahteraan dan meperoleh wawasan luas mengenai usaha pertanian, pengunaan teknologi tepat guna pembuatan dan penggunaan pupuk kompos, akses permodalan serta pemasaran. karena itu dalam meningkatkan pertanian maka kita diharapkan untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan dinas pertanian kota tomohon serta pihak-pihak terkait lainnya.

Kesempatan ini juga diadakan panen labu oleh Kelompok Tani WUAYA LEOS KURUKTUNG. Tampak hadir jajaran pemerintah Kota Tomohon serta para anggota kelompok Tani yang baru dikukuhkan. (SLY)