Wawali SAS Narsum Diklat PIM IV Angkatan XII

MANADO, beritanusantara.co.id – Wakil Walikota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan menjadi Narasumber Pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpian (Diklat PIM) tingkat IV angkatan XII, Pola Kemitraan Badan Diklat Daerah Provinsi Sulawesi Utara dengan Pemerintah Kota Tomohon, bertempat di Badan Diklat Daerah Provinsi Sulut, Kamis (07/06/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan Untuk meningkatkan pola kepemimpinan para Peserta diklat yang hadir yang berjumlah 30 orang.

Wakil Walikota Syerly Sompotan saat membawakan ceramah dengan materi Membangun Tim Efektif mengatakan, Tim adalah perpaduan dua atau lebih orang yang memiliki tujuan yang sama dan saling ketergantungan serta kemampuan untuk menyatakan tujuan yang berbeda. Faktor yang mendukung dalam membangun tim yaitu kemampuan teknis, seni memahami kepentingan, cara berkomunikasi dan cara mempengaruhi.

“Pola Komunikasi merupakan kunci utama dimana merupakan suatu proses penyemaian informasi atau pesan dari pihak lain melalui media tertentu” Ujar Wawali.

Lanjutnya, “Tim kerja yang efektif sangat dibutuhkan untuk pekerjaan yang semakin kompleks, membutuhkan kreativitas, ketidakjelasan arah masa depan, tuntutan efesiensi penggunaan sumber daya, tuntutan komitmen kerja yang tinggi dan tuntutan kooperatif pelaksanaan kerja.”

Wawali Juga menambahkan, bahwa langkah-langkah untuk membangun tim efektif yaitu setiap tim harus bekerja dengan struktur yang memadai, mengumpulkan informasi dan penilaian dari anggota untuk mengetahui kelemahan dan kekuatannya, membicarakan kebutuhan secara terbuka, merencanakan sasaran dan menetapkan cara penyampaiannya.

“Sedangkan hal yang perlu dihindari yang menyebabkan perpecahan tim yaitu, memiliki visi dan cara pandang berbeda, keinginan yang berbeda serta tidak siap melihat realita perbedaan, tidak mudah beradaptasi baik antar personal maupun dengan sistem yang baru, tidak ada keterbukaan, sifat pribadi yang buruk, terburu-buru tanpa perhitungan, tidak ada komunikasinya yang baik, mau menonjolkan diri, tidak mau menerima kelebihan orang lain dan tidak percaya sesama rekan kerja.” Tutup Wawali.

Dalam Ceramah ini dilanjutkan juga dengan sharing antara pemateri dan para peserta. Hadir mendampingi Wakil Walikota, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu. (SLY)