Sekkot Lolowang Ikuti Rakor Pencegahan Korupsi Dan Pengelolaan Pembangunan Daerah

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc didampingi Kaban Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Drs Gerardus E Mogi mengikuti Rapat Koordinasi Pencegahan korupsi dan pengelolaan Bank pembangunan daerah dan optimalisasi pendapatan daerah melalui peningkatan peran Bank BPD Sulutgo yang dilaksanakan melalui Video Conference, bertempat di ruang kerja Kediaman Walikota Jimmy Feidie Eman SE Ak CA. Rabu (15/7/2020).

Melalui kegiatan rakor ini yang dilaksanakan secara Video Conference yang diikuti Gubernur dan para Bupati dan Walikota serta Sekretaris Daerah dan  se-provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan koordinasi, Monitor dan Supervisi pemberantasan tindak pidana korupsi. Dalam materi KPK yang disampaikan oleh Bapak Maruli Tua Manurung selaku Kasatgas Korwil 1 membahas diantaranya area intervensi KPK melalui Korwil yakni perencanaan, pengadaan barang dan jasa,perizinan dan APIP,Manajemen ASN,Optimalisasi pajak daerah, manjemen aset daerah tata kelola dan desa.

“Program khusus KPK tahun 2020 yakni fokus pada penanganan Covid, Optimalisasi BUMD dan Koordinasi program pencegahan korupsi. KPK akan terus melakukan monitoring agar upaya-upaya pencegahan korupsi di daerah terus berjalan dan pentingnya peran aktif Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)” Ucap Manurung.

Selanjutnya dalam materi dari Dirut Bank Sulutgo berjudul Dukungan Bank Sulutgo dalam pengolaan keuangan daerah yakni dukungan inovasi produk untuk Pemerintah Daerah, dukungan Informasi teknologi, dukungan jaringan dan layanan serta optimalisasi pendapatan daerah. dikatakan bahwa menyangkut Kontribusi Bank Sulutgo terhadap Pemda di Sulawesi Utara dan Gorontalo yakni penempatan kasda di Bank Sulutgo, pemasangan alat monitoring transaksi untuk optimalisasi penerimaan daerah dan Kontribusi deviden terhadap APBD.

Selain itu, dari pemateri lainnya yakni Aida Zulaiha Kasatgas Korwil 3 megatakan secara keseluruhan rakor ini menekankan pada pencegahan korupsi dalam pengelolaan Bank Pembangunan Daerah melalui peningkatan peran Bank Sulutgo. (SLY)

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================