Mendagri Tjahjo Kumolo Ajak Kepala Daerah dan Perangkat Daerah Jangan Takut Berinovasi Membangun Daerah

MINAHASA,beritanusantara.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, mengajak kepala seluruh Kepala Daerah dan Perangkat daerah agar jangan takut berinovasi membangun daerah. Hal ini dikatakan Kumolo melalui amanat tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXII di Kabupaten Minahasa, yang dilakukan di halaman Kantor Bupati Minahasa, Rabu (25/04) pagi.

“Diharapkan agar seluruh Kepala Daerah dan Perangkat Daerah jangan takut untuk berinovasi, saat ini sudah ada jaminan perlindungan hukum, bahwa inovasi tidak bisa dipidanakan,” kata Kumolo dalam amanat tertulisnya.

Lanjut dikatakan Sekda Korengkeng, perjalanan usia XXII tahun, dimana kedewasaan bersemai, begitu juga dengan perjalanan Otda kita saat ini yang begitu banyak menyamai maanfaat dan kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia, sehingga penyelenggaraan Otda yang di arahkan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya menjadi syarat utama terwujudnya tujuan utama Otda.

“Pemerintah sudah melakukan terobosan salah satunya menerbitkan Peraturan Pemerintah nomor 12 Tahun 2017, tentang pembinaan dan pengawasan penyelengaraan Pemerintah Daerah. Ini dimaksudkan agar memperjelas mekanisme koordinasi antara aparat pengawasan internal Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum,” ujarnya.

Kata Korengkeng, ada tiga hal penting yang ditekankan dalam hari Otda tahun ini. Pertama, integritas dan etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggaraan Pemerintah Derah. Kedua, menjadi perhatian dan komitmen bersama untuk mewujukan tata kelola Pemerintahan yang baik ( good gavermance) dan ketiga, upaya peningkatan kesejahtraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Kiranya beberapa hal dapat menjadi perhatian kita semua sebagai penyelenggara Pemerintahan di Minahasa,” pungkas Korengkeng.

Turut hadir dalam apel ini, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa DR Denny Mangala MSi, para Kepala SKPD, para Camat se Tondano Raya beserta para Aparatur Sipil Negara di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.