Pemkot Tomohon Gelar Pelatihan Penangkaran Benih Tanaman Perkebunan Tahun 2018

TOMOHON, beritanusantara.co.id – Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon melaksanakan  Pelatihan Penangkaran Berih Tanaman Perkebunan Tahun 2018 Dan Pelatihan Peternak Babi. Kegiatan tersebut di ikuti sekitar 50-an peserta, bertempat di aula pertanian, Kamis (4/10/2018).

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak Saat Membuka kegiatan ini, dalam sambutannya mengatakan bahwa Tomohon memiliki potensi perkebunan, seperti cengkih ada 1300ha dan Gula aren 190ha. Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, terlebih bagi para petani dan peternak.

“Di sini terdapat salah satu tanaman Palma,  Akel Toumuung disahkan oleh kementerian pertanian hanya terdapat di Kota Tomohon dan sekarang sudah mulai dibudidayakan hingga pelosok Indonesia,” jelas Eman.

“Lewat pelatihan ini kita berupaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.Pemanfaatan kelompok sehingga bisa memaksimalkan bahan yang ada, untuk menghasilkan produksi yang berkualitas, sehingga berpengaruh pada pendapatan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Ir. Vonny Pontoh, MBA menuturkan pada dasarnya kami selalu berupaya memberikan fasilitas dan bibit yang terbaik bagi petani.

“Dengan begitu, upaya memenuhi kebutuhan masyarakat bisa kita penuhi, dan kita juga menyiapkan bantuan berupa Alat mesin pertanian (Alsintan) dan bibit baik ternak babi maupun tanaman perkebunan,” jelas Pontoh.

Selaku narasumber dalam pelatihan tersebut yakni Ir Elsye Tenda dari Balai Penelitian Tanaman Palma, Martje Sumolang dari pemerhati lingkungan, drh Eudia Kalalo dokter hewan dari PT Malindo, drh Efraim Fatra dari PT Sanbe Farma, sebagai penguji Drs Jahja Rondonuwu MSi  dan sebagai Coach Joachim Elias SPd MAP. (SLY)