.

Celengan Diduga Bertuyul Gentayangan di Minut

KALAWAT, beritanusantara.co.id – Percaya atau tidak Tuyul yang selama ini menjadi perdebatan soal keberadaannya, diduga berulah pada salah satu desa di kecamatan Kalawat dan berhasil meraibkan ratusan ribu uang milik warga yang ditempatkan di dalam sebuah celengan.

Begini ceritanya, awal mula sekira Minggu bulan November 2017, sebuah celengan dibeli Rubby Worek di pasar Kolongan Tetempangan (Koltem) seharga 10 ribu rupiah pada seorang penjual keliling warga pendatangan. Kemudian oleh penjual disarankan untuk ditulisi nama pemilik celengan. “Penjual di pasar itu, menganjurkan saya untuk menyebutkan nama pemilik, untuk ditulis pada celengan itu,” kata Rubby.

Selang beberapa lama kemudian, celengan yang berhiaskan lukiasan tangan ini digunakan untuk menyimpan uang oleh anggota keluarga, bahkan bukan hanya uang receh yang masuk celengan, uang pecahan serartus dan lima puluhan serta dua puluh ribu juga menjadi penghuni setelah dimasukkan oleh anak maupun istri Rubby.

Tertarik dengan kondisi celengan yang berhiaskan lukisan warna warni ini, seluruh keluarga sibuk dengan setiap kesempatan memasukkan uang dalam celengan, sehingga dua bulan celengan itu hampir penuh.

Belakangan, muncul informasi bahwa celengan sejenis telah memakan korban beberapa warga yang harus kehilangan uang yang dimasukkan dalam celengan. “Anak saya mendengar bahwa celengan yang sama dengan yang ada di rumah, ternyata hanya menyisakan uang receh ketika dibuka oleh pemiliknya dan ini membuat rasa penasaran. Benar setelah dibuka bersama tanggal 9 Januari kemarin, ternyata hanya menyisakan uang pecahan dua ribu sementara yang lain raib entah kemana,” ujar Rubby yang menjabat Meweteng di desanya.

Fenomena ini sontak membuat viral, ketika postingan terhadap celengan gaib ini mendara di Facebook oleh Rubby, kemudian bermunculan pula tanggapan bahwa ada juga yang kehilangan uang dalam celengan sejenis, dan diketahui ketika celengan itu dibuka.

“Entah Tuyul atau tidak, yang pasti ketika membuka celengan ternyata uang yang ada didalamnya, hanya tersisa recehan dan yang lainnya tidak ada, padahal sbelum dibuka celengan ini masih utuh,” ujar Rubby dengan mimik heran. (mt)