Gojukai Komda Sulut Rebut Juara II Umum Turnamen Karate Piala Kapolda Sulut 2023

Manado, BNC – Dibawah asuhan Shihan Josis Ngantung serta diaristeki oleh pelatih Novie Ngantung dan Grenaldy Mathindas, Perguruan Gojukai Komda Sulut berhasil merebut juara II umum dalam Turnamen Terbuka Karate Lemkari Open 2023 memperebutkan Piala Kapolda Sulut. Prestasi itu digapai dengan mengoleksi 17 medali, terdiri dari 9 Emas, 3 Perak dan 5 Perunggu.

Dalam turnamen ini, Gojukai Komda Sulut mengutus 23 karateka, dengan mengikuti 30 kelas baik di kategori Festival maupun Turnamen. Untuk kategori Festival, kontingen Gojukai mengikuti 7 kelas terdiri dari 2 kelas KATA dan 5 kelas KUMITE. Sedangkan untuk kategori Turnamen mengikuti 23 kelas terdiri dari 13 kelas KATA, 10 kelas KUMITE.

Berikut ini karateka Gojukai yang peraih medali baik, Emas, Perak maupun Perunggu :

Medali Emas :
1. Pangeran Muaya (Pra Usia Dini Putra)
2. Arsen Kapugu (KATA Usia Dini Putra)
3. Tesalonika Simboh (KATA Junior Putri)
4. Gabriela Masa (KATA Senior Putri)
5. Gratio Rondonuwu (KATA Senior Putra)
6. Valentino Warokah (KUMITE -76 kg Junior Putra)
7. Gratio Rondonuwu (KUMITE -67 kg Senior Putra)
8. Kevin Malingkas (KUMITE -68 kg Junior Putra)
9. Gabriela Masa (KUMITE -61 kg Senior Putri)

Medali Perak :
1. Lifi Wolah (KATA Kadet Putri)
2. Valentino Waroka (KATA Junior Putra)
3. Frederika Moningka (KATA Senior Putri)

Medali Perunggu :
1. Gehsya Rindengan (KATA Kadet Putri)
2. Heaven Kawet (KUMITE -47 Kadet Putri)
3. Ricky Pangkey (KATA Pemula Putra)
4. Missy Muaya (KATA Pemula Putri)
5. Kevin Malingkas (KATA Junior Putra)

Diketahui, Turnamen Karate memperebutkan Piala Kapolda Sulut dipusatkan di Auditorium Unsrat Manado pada tanggal 18 – 20 Agustus 2023, diikuti oleh 679 atlit yang tergabung dalam 37 kontingen dari Sulut dan Gorontalo. Ivent yang terselenggara atas kerja sama antara Polda Sulawesi Utara dengan Lemkari Sulut ini, membuka 2 kategori perlombaan, yaitu Turnamen dan Festival.

Dimana, Kategori Turnamen diperuntukkan bagi karateka yang utamanya untuk mencari prestasi. Ini dibuka bagi 7 kelompok putra dan putri, yaitu: Pra Usia Dini (umur 6-7 tahun), Usia Dini (umur 8-9 tahun), Pra Pemula (umur 10-11 tahun), Pemula (umur 12-13 tahun),  Kadet (14-15 tahun), Junior (umur 16-17 tahun) dan Senior (umur 18 tahun keatas.

Sedangkan kategori Fesitval diperuntukan kepada karateka yang baru mencari pengalaman bertanding dan mengumpulkan jam terbang. Ini dibuka bagi 8 kelompok putra dan putri, yaitu: Pra Usia Dini (umur 6-7 tahun), Usia Dini (umur 8-9 tahun), Pra Pemula (umur 10-11 tahun), Pemula (umur 12-13 tahun),  Kadet (14-15 tahun), Junior (umur 16-17 tahun) dan Senior (umur 18 -39 tahun) serta kelompok antar master (umur 40 tahun ke atas).

Melalui Turnamen ini, Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto mengharapkan agar seluruh karateka Sulut mampu bersaing dengan karateka yang berasal dari daerah lain bahkan negara lain.

“Untuk itu teruslah berlatih dan mengasah kemampuan diri agar bisa mengembalikan kejayaan dan prestasi Sulut di dunia karate,” pesan Kapolda sembari mengapresiasi kepada Lemkari Sulut dan seluruh panitia pelaksana serta berterima kasih kepada Rektor Unsrat yang telah memfasilitas tempat yang sangat memadai demi terselenggaranya turnamen ini.

(nags)