Lobi Penambahan Kapal SAR Dan Personil, Gaghana Sambangi Kantor Pusat Basarnas

SANGIHE, beritanusantara.co.id – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menemui Sekretaris Utama (Sestama) Basarnas Drs. Dianta Bangun, M.Kes di Kantor Pusat Basarnas, Jumat (27/5)

Dalam kunjungan tersebut Bupati Gaghana yang didampingi Danlanal, Kajari dan Ketua Pengadilan, serta beberapa pejabat daerah menyampaikan kondisi Kabupaten Kepulauan Sangihe yang merupakan wilayah perbatasan yang sebagian besar adalah wilayah lautan, rentan terjadinya gelombang tinggi dan angin kencang pada musim-musim tertentu bahkan kadang dipengaruhi badai kiriman dari Philipina, sehingga sering terjadi kasus tenggelamnya perahu nelayan dan orang hilang di wilayah perairan Sangihe.

Menurut Gaghana selama ini koordinasi Pemerintah dan Pos SAR Tahuna telah berjalan dengan baik dalam penanganan kasus pencarian orang hilang di wilayah perairan, namun yg menjadi kendala adalah masalah kurangnya sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang menunjang, terlebih kapal yang memadai dalam melakukan pencarian.

“Dalam beberapa kasus yang terjadi, sekalipun sudah dalam koordinasi yang baik antara Pemerintah, Lanal, Pos SAR Tahuna serta stakeholder terkait lainnya, tetapi tetap saja mengalami kesulitan karena tidak adanya kelengkapan sarana kapal yang memadai dalam melakukan penyelamatan di tengah kondisi cuaca ekstrim,”kata Gaghana.

Gaghana berharap penambahan sarana dan Prasarana terlebih Kapal SAR yang memadai serta penambahan jumlah personil yang ada di Basarnas Kabupaten Sangihe.

Terkait apa yang menjadi permohonan dari Pemda Sangihe, Sestama Basarnas menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kedatangan Bupati, Unsur Forkopimda, serta pejabat yang menyertai.

Menurutnya ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Daerah terhadap keselamatan masyarakat yang ada di Sangihe.

Sestama Basarnas mengatakan permohonan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe ini diterima untuk ditindaklanjuti. Selain itu, Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Mayjend TNI Bambang Suryo Aji yang mendampingi Sestama juga menambahkan bahwa penambahan personil dan peralatan di seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan menjadi skala prioritas setiap tahunnya.

“Dengan datangnya Bupati beserta rombongan ke Kantor Pusat Basarnas menjadikan penambahan peralatan dan personil di Pos SAR Tahuna juga menjadi skala prioritas karena memang sangat dibutuhkan disana,”ujarnya.

“Kami memahami jauhnya jarak dari Manado ke Sangihe sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama apabila terjadi kecelakaan yang membutuhkan peralatan lengkap. Ditambah posisi Pulau Sangihe yang berada di perbatasan antara Indonesia dengan Philipina yang juga tingginya aktivitas pelayaran,” sambungnya. (allen)