DPD PPAKN Indonesia Sulut Gelar Kontes Ketangkasan Ayam

Dukung Even Pariwisata Festival Pesona Selat Lembeh Pemkot Bitung

Kontes diselingi Bagi-Bagi Kacamata Gratis dan Lomba Menggambar Anak SD

MANADO, beritanusantara.co.id – Mendukung serta memperkaya materi dalam pelaksanaan even promosi pariwisata tahunan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung tahun 2019, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Penghobi Ayam Kontes Nusantara (PPAKN) Indonesia Sulawesi Utara (Sulut), sedang mempersiapkan pelaksanaan even Kontes Ketangkasan Ayam, dan penyelenggaraannya pada Jumat dan Sabtu, 11-12 Oktober 2019 mendatang.
Ketua DPD PPAKN Indonesia Sulut Henry Christian Maramis, SE pada wartawan, Sabtu (05/10/2019) di Manado, usai rapat pemantapan kegiatan mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan pelaksanaan Kontes Ketangkasan Ayam ini sejak tiga tahun silam, dan bersyukur dapat terwujud pada tahun 2019 ini.

Ketua DPD PPAKN Indonesia Sulawesi Utara Henry Christian Maramis, SE

“Kontes Ketangkasan ayam ini sebagai wujud partisipasi kami DPD PPAKN Sulut dan DPC PPAKN Bitung untuk FPSL, bahkan kami sudah mengajukan permohonan untuk diakomodir dalam kalender tetap FPSL, sehingga bisa berkesinambungan pelaksanaan even ini,” kata Maramis.
Selain itu, lanjut Dei sapaan akrab alumni Fekon Unsrat ini, dengan even Kontes Ketangkasan Ayam ini, pihaknya telah mengundang tamu selain dari beberapa kota di Indonesia, juga mendatangkan penghobi ayam dari Vietnam, Filipina dan Thailand. “Saya berkeyakinan dengan semakin diterimanya kontes ayam di daerah ini, kami dapat menciptakan peluang masuknya devisa ke daerah khususnya dan Sulut pada umumnya. Khusus even di Bitung kami telah mengundang tamu dari luar negeri yakni Vietnam, Thailand dan Filipina serta dari beberapa kota dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar, Makassar. Ini belum terhitung dengan animo dari DPC serta pemilik peternakan ayam se-Sulut, bahkan ketua umum PPAKN Indonesia serta pengurus pusat lainnya akan berkesempatan hadir dalam kegiatan perdana di Sulut dalam even besar, dan ke depan DPD PPAKN Indonesia Sulut tidak hanya melaksanakan Kontes Ayam, tetapi juga melaksanakan bazar ayam, pelatihan peternak, produksi pakan, Seminar pemberdayaan petani penghasil pakan, pedagang dan peternak, serta kegiatan sosial dan kebudayaan,” katanya.
Sementara itu untuk administrasi pelaksanaan kegiatan, Maramis menyebutkan seluruhnya telah lengkap mulai dari rekomendasi Badan Kesbangpol serta Dinas Pariwisata Pemkot Bitung, BKSUA Bitung, Polres Bitung dan perizinan ketangkasan ayam dan keramaian dari Polda Sulut. “Kami semata-mata adalah menyalurkan hobi, sekaligus mendukung program pemerintah di bidang pariwisata, dengan mendatangkan wisatawan ke daerah dimana even ini dilaksanakan seperti di Bitung ini, dan perlu dicatat bahwa kontes Ketangkasan ini, sama sekali tidak memperkenankan adanya kegiatan perjudian yang sudah pasti bertentangan dengan hukum, di seluruh tingkatan kelas kontes. Dan kami berterima kasih kepada pemerintah kota Bitung, Kepolisian dan TNI, DPP PPAKN, Pengurus dan Anggota PPAKN serta berbagai pihak yang telah membantu, sehingga sampai saat ini persiapan pelaksanaan semakin mantap menuju hari-H pada 11 dan 12 Oktober mendatang, di lokasi Riverside Adventure ‘n Resto Manembo-Nembo kecamatan Matuari Kota Bitung,” ungkap Dei.
Disebutkan pula, kegiatan ini akan menggunakan ornamen kebudayaan seperti pakaian Adat, tarian dan alat musik tradisional sebagai penghormatan terhadap kearifan lokal dan kolaborasi kegiatan sosial pembagian kacamata gratis serta lomba mewarnai tingkat anak sekolah dasar.
Terpantau saat ini pelaksanaan kontes berhadiah mobil, sepeda motor serta voucher belanja  puluhan juta rupiah dan memperebutkan piala serta piagam penghargaan, mendapat animo yang cukup baik dari kalangan penghobi ayam, peternakan bahkah produsen pakan ternak. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================