Pemkab Minahasa Serius tangani Eceng Gondok di Danau Tondano

ROR – RD berkomitmen bersihkan eceng gondok di Danau Tondano.

MINAHASA,beritanusantara.co.id  – Tumbuhan  Eceng Gondok di Danau Tondano sangat memprihatinkan ,namun Pemerintah Kabupaten Minahasa, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM ,sangat serius dalam penanggulangannya

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Maya Marina Kainde SH MAP, Rabu (27/11) siang mengatakan, tak sedikit alat berat jenis Excavator diterjunkan untuk melakukan pengangkatan Eceng Gondok di Danau Tondano dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano.

“Pak Bupati dan Wakil Bupati sangat serius menangani persoalan Eceng Gondok di Danau dan DAS Tondano. Alat-alat berat baik dari Pemkab Minahasa maupun PLN sudah disiagakan untuk mengangkat dan membersihkan Eceng Gondok di sungai,” ujarnya.

Kata Kainde, saat ini Eceng Gondok memang terlihat memenuhi DAS Tondano. Hal ini menurutnya diakibatkan karena faktor alam, dimana saat angin selatan sangat kencang sehingga menghentar Eceng Gondok di Danau Tondano masuk ke DAS.

“Pertumbuhan Eceng Gondok yang begitu cepat ini juga membuat sebagian Danau dan DAS Tondano sangat cepat tertutup. Tapi yang pasti Pemkab Minahasa hingga saat ini terus berusaha maksimal mengatasinya,” tukasnya.

Untuk tahun 2020 nanti, Pemkab Minahasa direncanakan akan melibatkan TNI, Polri dan masyarakat Minahasa, agar bahu membahu mengatasi Eceng Gondok di Danau Tondano.

“Tahun depan Pemkab Minahasa akan bekerjasama dengan TNI, Polri, lembaga sosial, gereja dan masjid, serta seluruh masyarakat, untuk sama-sama mengatasi masalah Eceng Gondok di Danau Tondano,” pungkasnya.

============================================================================== ******************* beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================