Sonya Kembuan Gelar Lomba Falinggir di Boulevard 2

Brosur Lomba Baku Gate Falinggir Sedang Disebar

Dukung Manado Fiesta dan Peringatan HUT Kota Manado ke 396 Tahun

MANADO – Memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Manado ke 396 Tahun, sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Manado FIESTA tahun 2019, Ir. Sonya Selviana Kembuan (SSK) bakal melaksanakan kegiatan perlombaan merakyat, yakni kegiatan Baku Gate Falinggir dan Falinggir Hias SSK Harapan Baru Manado, pada 13 Juli 2019 mendatang dan terbuka untuk warga Manado. Lomba ini sendiri, akan dilaksanakan di kawasan jalan Boulevard 2 kelurahan Sindulang II atau Sindulang Mas.
Salah satu tim kerja lomba, Alfa Pusung kepada wartawan Jumat (05/07/2019) menyebutkan, pelaksanaan lomba terbuka untuk umum dan murni sebagai inisiatif ibu SSK untuk warga Manado, yang memiliki tradisi menerbangkan layang-layang atau dalam Bahasa Manado Falinggir dengan dua momen penting di dalamnya yakni HUT Kota Manado dan Manado Fiesta.
“Ada dua kategori yang nantinya diperlombakan yakni Baku Gate Falinggir (Adu Layang-Layang) dan Kategori Falinggir Hias yang menonjolkan kreatifitas peserta dalam membuat sebuah layangan dengan tema HUT Kota Manado. Untuk Baku Gate, Falinggir disediakan langsung oleh ibu SSK dan untuk kategori Falinggir Hias, Falinggir dibuat sendiri oleh peserta dan tadi sore sudah ditinjau lokasi lomba oleh tim kerja,” jelas Alfa.
Sementara itu SSK ketika dihubungi menyatakan, tradisi menerbangkan Falinggir adalah sebuah potensi yang layak untuk dipertahankan, sebab selain memiliki nilai budaya sudah tentu jika diagendakan secara rutin merupakan momentum yang nantinya sebagai salah satu daya Tarik pariwisata Kota Manado. “Menerbangkan layangan atau Falinggir ini adalah kegiatan yang unik dan layak untuk dipertahankan, dan dapat menjadi agenda pariwisata. Jika dikelolah secara baik, maka tradisi Wora(Hora) Falinggir ini dapat menjadi salah satu kegiatan pariwisata yang murah meriah tanpa menguras banyak APBD, jika dilaksanakan oleh pemerintah kota Manado. Dan kegiatan ini adalah bentuk ucapan syukur HUT Kota Manado pada 14 Juli Mendatang, serta dukungan terhadap Manado Fiesta,” beber SSK salah satu bakal calon Walikota Manado yang mengusung tagline HarapanBaruManado ini.
Kegiatan lomba Baku Gate Falinggir dan keratifitas membuat Falinggir ini mendapat sambutan Positif Melky Meers Tamara, salah satu tokoh masyarakat di wilayah pesisir Utara Kota manado.
Tamara mengatakan, walaupun terkesan sederhana, namun nilai kebersamaan dan semangat persaudaraan dapat tercipta dengan momentum ini. “Walaupun bersifat perlombaan, namun kegiatan ini semata adalah menjalin kebersamaan antar sesama warga kota Manado. Dengan wora Falinggir ini, banyak warga akan bertemu dan berinteraksi dan ini adalah positif,” kata Tamara tokoh masyarakat Borgo ini. (mt)

============================================================================== ******************* www.beritanusantara.co.id : Benar, Akurat dan Terpercaya ******************* ==============================================================================