Situs Batu Susun Dinamuden Tumalungtung Tarik Perhatian BPCB

AIRMADIDI, beritanusantara.co.id – Informasi ditemukannya satu situs purbakala Batu Susun di sebutan Dinamuden desa Tumalungtung kecamatan Kauditan Minahasa Utara (Minut), ternyata menarik perhatian Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Gorontalo Zulkarnain Kasimin.

Kepada beritanusantara.co.id Rabu (01/08/2018), Zulkarnain mengaku terkejut dan tertarik dengan informasi penemuan batu purbakala dan tersusun layaknya bangunan modern.

“Jika dilihat sepintas, struktur batu susun ini seperti bangunan candi, dimana memiliki lubang pengunci, namun hal ini masih membutuhkan pengkajian dan penelitian lebih lanjut,” kata Zulkarnain ketika memperhatikan beberapa foto batu susun ini.

Selanjutnya kepala balai yang berpusat di kota Gorontalo ini, mengaku akan meminta dinas pariwisata Minut, untuk membuat usulan dan kajian awal kepada BPCB, sehingga pihaknya dapat menindak lanjuti, dengan membuat peninjauan lapangan, yang nantinya mendukung proses penelitian di lokasi tersebut.

“Terima kasih untuk informasi ini, dan saya yakin masih banyak lagi situs budaya dan purbakala yang seharusnya dijadikan cagar budaya, yang belum terangkat, seperti batu susun ini,” tegasnya. (mt)

Baca Juga :

http://www.beritanusantara.co.id/eksistensi-batu-bersusun-dinamuden-tumalungtung-anugerah-alam-yang-dibuat-manusia/

http://www.beritanusantara.co.id/batu-susun-dinamuden-tumalungtung-simpan-rahasia-purba-peradaban-malesung/